City Amankan Puncak


Foto:Selebrasi Jo (kanan) usai menggagalkan kemenangan Juventus/Getty Imagesl
MANCHESTER - Manchester City memang gagal menaklukkan Juventus pada laga pamungkas babak penyisihan grup Europa League, Jumat (17/12/2010). Namun, hasil imbang 1-1 sudah cukup mengantar The Citizen mengamankan tahtanya di puncak klasemen Grup A.

Menjamu Bianconeri yang sudah pasti tersingkir, City nyaris menelan malu dikalahkan dihadapan pendukungnya di City of Manchester Stadium setelah Niccolo Giannetti jelang berakhirnya babak pertama. Beruntung, striker Brasil, Jo berhasil menyelamatkan muka tuan rumah berkat gol balasan yang dicetaknya pada menit ke-77.

Dengan tambahan satu angka, skuad besutan Roberto Mancini pun berhasil mengamankan posisinya di puncak klasemen Grup A dengan poin 11. Peringkat dua Lech Poznan yang disaat bersamaan juga sukses menaklukkan Salzburg 1-0, sebenarnya memiliki poin sama dengan The Citizen. Namun, mereka harus puas berada di tempat kedua karena kalah selisih gol.

Jalannya duel City kontra Juve memang berlangsung sengit sejak awal laga. Juve yang tidak lagi memiliki misi karena telah tersingkir tetap menampilkan terbaiknya demi menjaga gengsi. Pelatih Luigi Del Neri juga tak main-main dalam menurunkan komposisi pemainnya dengan memainkan pemain-pemain inti macam Milos Krasic, Simone Pepe dan bomber veteran Alessandro Del Piero.

Del Neri hanya menampilkan kejutan kecil di sektor depan dan kiper. Bomber muda Niccolo Giannetti yang mendapat kepercayaan untuk memainkan debutnya sebagai starter mengisi posisi Fabio Quagliarella. Sementara di posisi penjaga gawang, Alex Manninger dipercaya menigisi pos yang ditinggalkan Marco Storari.

Dengan skuad ini, Juve tetap mampu menampilkan permain apik. Bahkan tak jarang Juve menebar teror melalui skema serangan balik cepat. City sendiri tampil tidak dengan kekuatan terbaiknya, Mancio tidak menurunkan bomber yang kabarnya tengah ngambek minta dijual, Carlos Tevez dan memilih Jo sebagai bomber tunggal.

Setelah saling jual beli serangan dan membuka peluang, Juve berhasil mengejutkan publik tuan rumah berkat gol Giannetti dua menit jelang turun minum. Bomber 19 tahun ini mencetak gol pertamanya usai menerima umpan matang dari Del Piero yang melakukan aksi di sisi kanan gawang Shay Given yang ditugaskan menggantikan Joe Hart. Babak pertama Juve unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, City yang berambisi mengamankan posisi puncak mulai memberikan reaksi. Aksi apik Adam Johnson sukses membuat lini belakang Juve kerepotan menjaga daerahnya. Di menit ke-51, City sebenarnya sukses menyamakan kedudukan melalui Jo yang memanfaatkan umpan Johnson. Sayang gol tersebut dianulir wasit karena striker Brasil ini berada dalam posisi offside.

Tepat di menit ke-60, Giannetti memiliki peluang memperbesar keunggulan Juve sekaligus mencetak gol keduanya. Namun, kali ini dia gagal menyambut umpan tendangan sudut Del Piero, sehingga selamatlah gawang City.

Perjuangan keras City akhirnya berbuah hasil saat laga memasuki menit ke-77. Jo tak menyia-nyiakan kesempatan keduanya usai menerima umpan terobosan Johnson. Kali ini, Jo berhasil melepaskan diri dari jebakan offiside dan melepaskan tembakan terarah, tanpa mampu dibendung Manninger.

Memasuki sepuluh menit waktu tersisa, kedua tim sama-sama terus melancarkan serangan demi mencetak gol kemenangan. Sayang, hingga wasit meniup peluit panjang, kedua tim gagal mencetak gol tambahan. Skor 1-1 pun menjadi akhir laga.

Susunan Pemain:
Juventus:
Manninger; Grygera, Legrottaglie, Chiellini, Traore/Boniperti ('66); Krasic/Camilleri ('56), Sissoko, Felipe Melo, Pepe; Giannetti/Buchel ('79, Del Piero

Manchester City: Given; Boateng, Richards, Boyata, Bridge; Wright-Phillips/Chantler ('90), Milner, Vieira, A Johnson; Jo, Tchuimeni-Nimely/Zabaleta ('61)

Klasemen akhir Grup A
1. Manchester City 11 poin
2. Lech Poznan 11 poin
3. Juventus 6 poin
4. Salzburg 2 poin (acf)
sumber : okezone


Related Post:


Comments
0 Comments


0 Responses So Far:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

Harap tinggalkan jejak anda
dengan memberi kesan dan
pesan di kotak komentar di
bawah ini.